menghindari dan menyembuhkan PC dari serangan Virus


TIPS menghindari dan menyembuhkan PC dari serangan Virus

Mari kita antisipasi serangan virus yang semakin merajalela mencari celah untuk menghancurkan data atau sistim operasi komputer kita

  • ·         Update Sistem Operasi

    Screenshot

Bukan rahasia lagi, Microsoft Windows merupakan system operasi yang paling banyak terjangkit berbagai macam virus. Ini bukan berarti Windows lebih buruk daripada sistem Operasi lain, namun semata-mata karena Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan.
Bagi pembuat virus, ini merupakan sasaran empuk untuk menyerang ataupun ujicoba ciptaannya.
Microsoft belakangan semakin memperhatikan masalah ini. Terbukti dengan komitmen Micrsoft untuk terus menambahkan fitur-fitur security sebagai patch atau upgrade versi. Namun otomatis ini tidak akan menyelesaikan masalah bila Anda tidak menginstall patch tersebut. Apabila anda terhubung ke Internet, Anda bisa mengaktifkan fitur Live Update yang otomatis akan mengupdate sistem operasi secara berkala.
Bila tidak memiliki koneksi internet, Anda bisa mendapatkan kumpulan update/patch dari Microsoft yang biasanya disebut sebagai Service Pack. Apabila anda menggunakan Windows XP, sangat disarankan anda menginstall Service Pack yang kedua atau lebih sering disebut Windows
 XP SP-2. Di dalamnya banyak sekali fitur security yang telah dikembangkan. Di antaranya firewall dan popup blocker untuk Internet Explorer.

  • ·         Disiplin saat Browsing Internet


Apabila anda sering connect ke Internet,sebaiknya jangan gunakan Internet Explorer versi 6 dan
sebelumnya. Gunakan Mozilla Firefox atau Google Chrome. Kalau terpaksa pakai IE, pakai versi 7. IE 6 dan sebelumnya dikenal memiliki banyak lobang dan celah keamanan yang memungkinkan virus mudah menyerang. Microsoft termasuk cukup lambat dalam mengupdate browsernya, karena itu celah keamanan sering dibiarkan terbuka terlalu lama tanpa diperbaiki. Selain itu seperti IE merupakan browser yang paling banyak dipergunakan para Hacker untuk suka bereksperimen.

Tahan diri berkunjung ke situs-situs underground yang menawarkan barang bajakan atau pornografi. Situs-situs semacam itu umumnya banyak menyertakan virus dan spyware secara terselubung bersama program-program yang mereka berikan, yang akan bekerja secara otomatis saat Anda mendownloadnya.

Jangan asal download apalagi install program dari sumber yang tidak jelas keberadaannya. Apabila Anda membutuhkan sebuah program dan menemukannya di internet, namun pembuatnya tidak cukup terkenal atau bonafide, konsultasikan dulu dengan teman Anda yang lebih mengerti apakah Program tersebut cukup aman untuk dipergunakan. Termasuk jangan suka menginstall toolbar untuk IE, screensaver, dan program-program tidak jelas lainnya apabila anda tidak paham resikonya.   

  • ·         Aktifkan Firewall di Jaringan



Apabila komputer anda terkoneksi di jaringan LAN di kantor atau Internet, Anda wajib menghidupkan firewall. Windows XP SP-2 sudah menyertakan firewall yang fungsinya minimal tapi lebih baik daripada tidak sama sekali. Firewall akan menghalangi akses-akses yang tidak terotorasi oleh pihak lain, selain itu Firewall cukup ampuh untuk menangkal worm dan trojan.

  • ·         Hati-Hati Membuka E-mail


Terkadang email yang kita terima bukan hanya email yang kita harapkan, tapi bisa juga berupa spam atau junk mail. Biasanya email tersebut berisi iklan penawaran produk tertentu atau link ke situs-situs internet. Namun tidak jarang pula email tersebut disertai satu attachment yang berisi satu aplikasi yang bila anda tidak waspada menjalankan akan menjangkiti komputer anda dengan Virus.

Pastikan attachment tersebut kiriman sesuatu dari rekan yang sudah Anda kenal, apabila menjumpai attachment yang tidak Anda inginkan pastikan apa isi attachment tersebut aman dengan menanyakan kepada sang pengirim. Karena tidak jarang orang melakukan Spoofing, menggunakan nama Teman Anda untuk mengirimkan virus.

  • ·         Hati-Hati Saat Membuka Storage Orang Lain



Saat anda membuka storage orang lain, entah yang removable, CD, DVD, Flashdisk, Disket, dll.
Berhati-hatilah. Bukan tidak mungkin Anda menemukan bonus berupa Virus.





  • ·         Pasang AntiVirus dan Anti Spyware Bila Perlu


Sebenarnya jika Anda sudah mengikuti beberapa tips diatas, Anda tidak memerlukan lagi Software Antivirus atau spyware. Namun bila anda terpaksa harus membuka situs-situs underground, terima email-email gak jelas, atau sharing storage dengan orang lain, sebaiknya beri proteksi tambahan pada komputer Anda berupa program Antivirus atau anti Spyware.

Program-program ini biasanya memang bikin komputer jalan lebih lambat karena sifatnya yang TSR ( Terminate & Stay Resident ). Artinya begitu program ini dijalankan, dia akan tinggal terus di komputer Anda untuk memonitor aktivitas. Setiap anda membuka, mengubah, atau meng-copy file, antivirus akan melakukan checking apakah aktivitas itu Legal. Program ini juga biasanya akan mengecek database internalnya untuk melihat adakah gejala-gejala komputer terinfeksi virus.


2 Responses to "menghindari dan menyembuhkan PC dari serangan Virus"

Silahkan Sahabat Blogger berkomentar.
Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.
:)